Kamis, 20 September 2012

TIPE JARINGAN BERDASARKAN RUANG LINGKUP DAN JANGKAUAN WILAYAH GEOGRAFISNYA BAGIAN KE 6


3. Jaringan WAN (Wide Area Network)

      WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet, dari/ke kanrtor pusat dan kantor cabang, maupun antarkantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antarkantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antarkantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun Negara.

Keuntungan Jaringan WAN
a a.Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
     b.Komunikasi antarkantor dapat menggunakan e-mail dan chat.
c.c.Dokumen/File yang biasa dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
d d.Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

Yang membedakannya:
1.1.  Jangkauannya
2.2.Kecepatan transfer data
Contoh : LAN memiliki batasan area 2 KM tetapi mempunyai kecepatan transfer sampai 2 MBPS, sedangkan WAN memiliki jangkauan sampai beribu-ribu KM tetapi mempunyai kecepatan transfer sampai 64 kbps.
Koneksi WAN secara pokok ada tiga macam.
1.    1. Koneksi dedicated.
2.    2.circuit-switched
3.    3.Jaringan packet-switched.
      Jenis jaringan WAN dedicated dan switched mempunyai suatu koneksi yang selalu bersedia kepada jaringan, akan tetapi untuk jenis circuit switched perlu melakukan suatu pembentukan koneksi via semacam mekanisme dial-up antara kedua piranti yang mau berkomunikasi. Dalam suatu konfigurasi dial-on-demand routing (DDR) – router secara automatis membuka koneksi jika ada data yang akan ditransimisikan (tentunya sesuai dengan access-list rule), dan akan menutup sendiri jika line dalam keadaan idle selama durasi tertentu yang disetel dalam konfigurasinya.

4.Internet
      Orang yang terhubung dengan internet berarti terhubung dengan seluruh komputer di dunia. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang berada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut ke dalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, maka dibangun jaringan serat optik yang menghubungkan satu benua dengan benua lain melalui dasar laut.



sumber : LKS TIK kelas 9 semester ganjil, grand star

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar